Tips Yang Harus di Terapkan Untuk Menunjang Karier Kamu

By | 08/11/2022

Karier.Web.ID – Tips karier akan membantu seseorang lebih cepat mencapai level prestasi yang diinginkan di perusahaan. Misalnya, dua tahun lagi kamu menargetkan diri berada di posisi manajer cabang perusahaan. Dengan menerapkan tips-tips ini, bisa jadi target itu tercapai dalam waktu satu tahun.

Jadi, tak perlu menunggu lama, cek tips-tips seperti apa yang dapat diterapkan untuk menunjang karir kamu.

Tips Yang Harus di Terapkan Untuk Menunjang Karier Kamu

1. Tingkatkan Produktivitas Kerja
Pada titik tertentu, produktivitas kerja seseorang bisa menurun. Faktor penyebabnya beragam; bisa karena masalah keluarga, kurang motivasi, maupun hubungan kurang baik dengan atasan. Padahal, setiap perusahaan selalu menginginkan peningkatan produktivitas 20 persen per tahun.

Solusinya, kamu harus sering mengikuti pelatihan untuk meningkatkan produktivitas. Jika pelatihan yang diselenggarakan perusahaan dianggap belum cukup, cobalah mengikuti training berbayar. Biasanya, training berbayar menawarkan fasilitas lebih lengkap dengan mentor berpengalaman.

2. Lakukan Brainstorming
Ketika sedang berada di titik jenuh, seseorang kerap sulit memikirkan ide baru. Bahkan, sebagian orang sering kali tidak mampu menemukan solusi atas masalah yang dihadapi. Apakah kamu pernah merasakan hal-hal tersebut saat berada di kantor?

Jika sekarang merasakannya, cobalah untuk melakukan brainstorming dengan teman satu kantor. Mulailah dari membicarakan sesuatu yang dapat membuatnya tertarik. Lalu, tanyakan kepadanya, apakah ia memiliki ide atas masalah yang sedang kamu hadapi.

3. Berani Mencoba Hal Baru
Apakah kamu pernah gagal ketika menjalankan tugas atau pekerjaan dari kantor? Kegagalan merupakan hal wajar; kamu hanya perlu bangkit dan menata ulang semuanya. Selain itu, kegagalan membuat seseorang bisa mengembangkan diri lebih baik lagi dengan belajar dari kesalahan di masa lalu.
Karena itulah, kamu tak perlu takut melangkah dan mengambil risiko. Katakan pada diri sendiri, bahwa setiap minggu akan menghasilkan hal baru yang bermanfaat. Tanamkan komitmen dalam diri untuk tidak menyerah meskipun gagal berulang kali.

4. Terapkan Disiplin dalam Bekerja
Kamu pernah menunda pekerjaan? Hati-hati; kebiasaan ini bisa menghancurkan karirmu perlahan. Pasalnya, menunda pekerjaan dapat membuatnya menumpuk sehingga terasa berat menyelesaikannya. Ketika semua terasa berat, kamu pun tidak bisa mengerjakan tugas secara maksimal.

Jadi, cobalah untuk membuat timeline pekerjaan, lalu selesaikan sesuai waktu yang ditentukan. Dengan begitu, kamu terbiasa disiplin. Jika sikap disiplin ini diterapkan selama bekerja, semua tujuan dan prestasi yang diinginkan pasti tercapai.

5. Buat Prioritas
Skala prioritas merupakan urutan tugas, kegiatan, atau pekerjaan berdasarkan tingkat kepentingannya. Pekerjaan yang penting biasanya diletakkan di urutan nomor satu. Sebaliknya, pekerjaan kurang penting dan tidak mendesak umumnya dikerjakan paling terakhir.

Lantas, bagaimana menyusun prioritas pekerjaan?

Pertama, kamu harus mengetahui seberapa besar risiko pekerjaan itu jika dilakukan di urutan terakhir.

Kedua, jika semua pekerjaan dianggap penting, cicil dari yang paling mudah.

Ketiga, delegasikan sebagian tugas kepada orang lain kalau memungkinkan. Terakhir, setelah pekerjaan selesai, hapus dari daftar prioritas supaya tidak terjadi distraksi.

Fokus pada Bidang Pekerjaan
Fokus merupakan hal yang kerap dianggap mudah oleh sebagian orang. Padahal, untuk fokus, seseorang harus memastikan tidak ada gangguan di sekitarnya. Jenis gangguan tersebut bermacam-macam, misalnya keinginan main gadget terus-menerus dan mengantuk di siang hari.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan, yakni menjauhkan gadget dari meja kerja. Pasalnya, menurut riset di Amerika Serikat, rata-rata orang bermain gadget selama 5 jam sehari untuk media sosial dan hiburan. Jika kebiasaan ini berlanjut, kamu tidak akan pernah bisa menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

Rencanakan Liburan di Akhir Pekan
Liburan dapat menggugah semangat, menyegarkan otak, dan mengembalikan kesegaran tubuh. Dengan liburan, kamu juga dapat melakukan evaluasi diri atas apa yang dialami di tempat kerja. Setelah liburan, bisa jadi ide-ide cemerlang muncul dari benak kamu.

Oleh karena itu, jangan ragu memanfaatkan akhir pekan atau tanggal merah untuk berlibur. Sebuah artikel di majalah Forbes menyebutkan, bahwa perusahaan di Amerika Serikat menyetujui jatah liburan karyawannya. Pimpinan perusahaan percaya bahwa liburan dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Apakah kamu sudah siap menerapkan tips karir di atas untuk mencapai kesuksesan bekerja? Jangan Lupa Selalu mengunjungi Website Karier Terbaru, karena disini tersedia Semua Tentang Karier & Lowongan Kerja Terpercaya.

SALAM SUKSES WWW.KARIER.WEB.ID

Share Info Karier :